Waled Banjir Lagi, Relawan PKS Sigap Membantu Korban

  • by

Cirebon – Sejumlah Desa di Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon kembali terendam banjir pada sabtu (22/01/2022). Desa yang dimaksud antara lain Desa Mekarsari, Ciuyah, Gunungsari, Ambit dan sebagian di Cibogo.

Banjir yang terjadi berulang ini akibat Sungai Ciberes yang melintasi Desa-desa tersebut tidak bisa menampung air. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan bahwa ketinggian banjir rata-rata 1 sampai 1,5 meter. Banjir terjadi sejak jum’at (21/01/2022).

PKS Kabupaten Cirebon berusaha membantu meringankan beban warga yang dilanda bencana ini. Relawan PKS sudah bergerak sejak Jum’at untuk membantu evakuasi korban banjir dari rumah ke tempat penampungan pengungsi di Balai Desa Gunung Sari dan Mekarsari, Kecamatan Waled.

Menurut ketua Relawan PKS Ciledug, Shofari’e el Khaleel, PKS membagikan ratusan nasi bungkus, bahan mentah seperti beras Mi Instan. Selain itu, dibagikan pula kebutuhan pengungsi lain seperti pampers dan pembalut.

Junaedi, ST, selaku Ketua DPD PKS Kabupaten Cirebon dan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Dapil 6 menyatakan turut prihatin atas musibah banjir yang rutin dialami beberapa desa di Kecamatan Waled ini.

“Kami belum bisa banyak membantu, namun demikian pemberian bantuan yang tidak seberapa ini mudah-mudahan bisa meringankan beban para warga terdampak”, ujar Junaedi.

“Kami berharap,” Lanjutnya, “warga tetap bersabar serta optimis untuk terus melaksanakan aktivitas sehari-hari. Kepada semua stake holder, baik pemerintah daerah, provinsi, dan pusat untuk lebih serius dan sungguh-sungguh menanggulangi bencana banjir di Waled ini karena terjadi berulang setiap tahunnya.”

Junaedi juga meminta bahwa penanganan banjir harus dilakukan secara integral dan kolaboratif, termasuk kerjasama antar daerah yg difasilitasi oleh pemprov atau pemerintah pusat antar daerah hulu, daerah yang dilalui aliran badan sungai dan daerah hilir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *