Liputan Rihlah Keluarga Besar PKS Cada 1 ke Lembah Cilengkrang Kuningan

Sebagai salah satu wasilah tarbiyah, rihlah adalah sarana tarbiyah yang paling menyenangkan. Ahad 22 April kemarin, pengurus DPC dan kader terbina se Cabang Dakwah 1 PKS Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan rihlah ke Lembah Cilengkrang di lereng Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan. Menyaksikan air tejun dan mandi di pemandian air panas alami, menjadi daya tarik tersendiri mengapa lokasi ini dipilih.

Kegiatan rihlah ini disinergikan dengan kegiatan reses Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Daerah Pemilihan Cirebon 1, bapak M. Arif Rahman, ST.

Pukul 07.00, peserta yang kurang lebih berjumlah 60 orang, berkumpul di sekretariat DPC PKS Kecamatan Talun, untuk mengikuti sesi kegiatan reses anggota DPRD.

Menjelang pukul 09.00, rombongan yang terdiri dari 7 mobil mulai bergerak ke Kuningan.

Memasuki lokasi, keindahan alam dan udara sejuk pegunungan terasa menentramkan.

Cirebon dilihat dari pintu masuk lokasi wisata Lembah Cilengkrang.

Suasana hijau segar menghiasi jalan setapak menuju lokasi wisata.

Bapak Sujai, perwakilan dari Ranting Cirebon Girang Kecamatan Talun terkesan dengan suasana alam yang baru pertama kali mengunjungi kawasan wisata Lembah Cilengkrang.

Abdu Rosyid (berkacamata) Ketua DPC PKS Kecamatan talun bersama Edi Kamudi (jaket hitam) Ketua Ranting Desa Suranenggala Kidul Kecamatan Suranenggala, berpose di depan papan petunjuk.

Sampai di Pos 1, peserta ditugaskan untuk menyelesaikan game “melepas ikatan”. Game dilakukan dengan berpasangan, tangan kedua peserta diikat dengan tali rafia. Tugasnya adalah melepaskan tautan, tanpa melepas ikatan atau memotong tali. Ternyata tautan ini bisa dilepas dengan memanfaatkan celah kecil di ikatan tangan salah satu peserta. Dari game ini diperoleh pelajaran, seringkalai masalah dapat dipecahkan melalui lobang kecil. Sehingga dibutuhkan kreativitas untuk memanfaatkan celah sekecil apapun untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan.

Game kedua, air amanah. Masing masing kelompok / DPC diberikan amanah untuk membawa air dalam bitol air mineral yang sudah dipotong bagian atasnya (terbuka) untuk dibawa selama perjalanan, sampai ke tempat tujuan. Di tempat tujuan akan dinilai, kelompok mana yang jumlah air yang tersisa paling banyak.

Di pos 2 dilaksanakan permainan “menyeberangi sungai”.

Masing-masing kelompok / DPC diminta “menyeberangi sungai” dengan bantuan kardus. Semua peserta dan barang bawaannya harus “menyeberangi sungai” dengan melangkah diatas kardus dan tidak boleh menginjak tanah. Kelompok yang paling kompak dan paling cepat sampai menjadi pemenangnya.

Setelah pos 2, perjalanan menjadi lebih mengasyikkan, karena jalan melintasi di sekitar sungai dengan air yang sangat sejuk dan jernih.

Didi Junaedi (bekaus hitam) Ketua DPC PKS Kecamatan Gunung Jati berpose bersama drh. M. Sutarsah, kader yang baru pulang ke Cirebon setelah menuntut ilmu di UGM Yogyakarta.

Tiba di tujuan, “air amanah” diserahkan, Ketua Cabang Dakwah 1 M. Hary Setiadi (mengenakan rompi) untuk menilai kelompok mana yang sisa airnya paling banyak.

Agung Prabunga perwakilan dari DPC PKS Kecamatan Kedawung menyampaikan pemaknaan atas perjalanan dan permainan yang dilakukan.

Berikutnya Tasio, Ketua DPC PKS Kecamatan Suranenggala menekankan pentingnya kekompakan kelompok untuk meraih kesuksesan.

Terakhir, sebelum acara “basah-basahan”, M. Hary Setiadi menjelaskan permainan “kepercayaan”. Permainan dilakukan secara berkelompok.

Salah seorang peserta diminta menjatuhkan diri dari tebing, anggota kelompok lainnya meyelamatkan dari bawah. Peserta yang menjatuhkan diri percaya bahwa rekan-rekan kelompoknya akan menyelamatkannya. Peserta yang bertugas menyelamatkan berupasa sekuat tenaga agar rekannya yang menjatuhkan diri akan jatuh dengan selamat dan “nyaman”.

Setelah peserta yang menjatuhkan diri berhasil diselamatkan, berikutnya diceburkan bersama-sama di air. Byurrrrrr. Basah….

Terlanjur basah ya sudah mandi sekali… Mandinya di air terjun yang dingin……. Brrrrrrrrrrrr….

Budiyanto (sebelah kanan), sekretaris DPC PKS Kecamatan Gunungjati, berpose di depan air terjun lembah Cilengkrang.

M. Arif Rahman, (berkaus biru), Anggota DPRD Kab Cirebon, menikmati sensasi pijitan air terjun lembah Cilengkrang.

Setelah kedinginan di air terjuan, saatnya berendam di air panas yang mengandung belerang. Konon sangat baik untuk kesehatan kulit.

Setengah hari beraktivitas, perut mulai minta diisi. Romb0ngan mampir di RM Pandawa Kuningan, dekat Cibulan.

Ketua Cabang Dakwah 1, M. Hary Setiadi adalah salah satu owner dari Rumah Makan Pandawa ini.

Ayam panggangnya…… Mak Nyusssss………………. Alhamdulillah….

3 tanggapan pada “Liputan Rihlah Keluarga Besar PKS Cada 1 ke Lembah Cilengkrang Kuningan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *