Ikhtiar Mereformasi Birokrasi Pemerintah Desa Klangenan Kabupaten Cirebon

Menjumpai loket pelayanan instansi pemerintah sebagaimana loket pelayanan perbankan adalah sesuatu yang sulit ditemukan. Mungkin layanan sebagaimana perbankan dapat kita temui di kantor pelayanan perijinan di tingkat kabupaten. Itupun setelah Kementrian Dalam Negeri memaksa setiap pemerintah Kabupaten/Kota agar membentuk Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Ketika datang ke kantor kecamatan, kita akan kesulitan untuk mendapatkan kepastian mengenai alur pelayanan, urutan antrian hingga berapa lama suatu pelayanan akan diselesaikan.

Hal yang sama juga akan kita temukan di Kantor Pemerintah Desa / Kelurahan.

Hal inilah yang menjadi kerisauan Rochmat Hidayat, S.IP ketika yang bersangkutan diberikan amanah sebagai Kaur Pemerintahan di Pemerintah Desa Klangenan Kabupaten Cirebon.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKS Kecamatan Klangenan ini, pemerintah desa adalah tulang punggung birokrasi pemerintahan paling bawah. Ia menjadi ujung tombak pelayanan publik, karena pemerintah desa berhadapan langsung dengan masyarakatnya.

Dengan dukungan seorang kepala desa yang reformis, Rochmat yang saat ini hampir menyelesaikan studi S2 Politik Lokal dan Otonomi Daerah di UGM, tengah bereksperimen mewujudkan pelayanan prima di Pemerintah Desa Klangenan Kabupaten Cirebon.

PELAYANAN DESA SATU PINTU

Melalui konsep pelayanan desa satu pintu (one gate policy) semua produk pelayanan desa dirancang seperti alur bisnis corporate. Patologi birokrasi yg mahal dan berbelit belit disiasati dengan menbuat daftar tarif pungutan pelayanan serta menyiapkan loket terpadu.

Tupoksi Kepala Urusan di Desa akan di disposisi dari loket sesuai jenis fungsi tugasnya serta kepastian waktu pelayanan.

Fungsi Kepala Dusun sesuai khas karakteristik pemerintahan desa juga tidak di hilangkan. Pamong yang ngemong di desa melalaui kadus dapat memerantarai masyarakat yg tidak dapat datang sendiri ke loket pelayanan, tetapi Kadus wajib menyampaikan standar harga dan target waktu pelayanan sesuai SOP dan SPM.

Selamat berjuang saudaraku. Keberhasilanmu akan menginspirasi seluruh kader untuk senantiasa mempersembahkan karya terbaik untuk bangsa !
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *