Gubernur Dialog dengan Si Cepot

Islam tidak Melarang Kegiatan Seni Budaya

CIAMIS, (PRLM).- Agama Islam tidak melarang kegiatan seni budaya. Apalagi dengan pergelaran wayang golek yang merupakan kesenian sarana penyebaran agama Islam.

“Agama (Islam) menjadikan kesenian selain sebagai sarana untuk menyebarluaskan ajaran ataupun faham agama. Bahkan kesenian wayang golek yang berakar dari tradisi dan budaya daerah, sejak dulu oleh para wali sudah dijadikan sebagai sarana menyebarkan agama Islam, jadi tidak benar kalau saya sebagai gubernur maupun pribadi mengeluarkan larangan atau tidak setuju dengan kesenian,” ujar Gubernur Jawa Barat. H. Ahmad Heryawan saat melakukan dialognya dengan Si Cepot di atas panggung di hadapan masyarakat Kab. Ciamis pada acara Pementasan Seni Budaya Lokal Jawa Barat yang menampilkan Pegelaran Wayang Golek dengan dalang Asep Sunandar Sunarya dari Padepokan Wayang Golek Giri Hardja 3, bertempat di Alun-alun Kawali, Kab. Ciamis, sepanjang Sabtu (8/9) malam hingga Minggu (9/9) dinihari.

Kepada Si Cepot dan warga Kec. Kawali, Ahmad Heryawan mengatakan bahwa salah satu bukti bahwa dirinya mendukung pelestarian seni budaya tradisi adalah dengan menggelar Wayang Saba Lembur. “Selain itu di Ciamis akan kita bangun gedung kesenian, sayang potensi kesenian dan senimannya banyak tapi gedung kesenian untuk menampilkan potensi tersebut tidak ada,” ujar Ahmad Heryawan yang disambut tepuk tangan tamu undangan dan penonton. (A-87/A-147)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/202732

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *